Minggu, 23 Oktober 2011

Interaksi Sosial

“Interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok”, Maryati dan Suryawati (2003).
Proses-proses sosial adalah cara-cara berhubungan yang dapat dilihat apabila orang-perorangan dan kelompok-kelompok manusia saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk-bentuk hubungan tersebut, atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan-perubahan yang menyebabkan goyahnya cara-cara hidup yang telah ada (Gillin & Gillin).
Gillin dan Gillin mengajukan dua syarat yang harus di penuhi agar suatu interaksi sosial itu mungkin terjadi, yaitu:
Dua Syarat terjadinya interaksi sosial :
1. Adanya kontak sosial (social contact), yang dapat berlangsung dalam tiga bentuk. Yaitu antarindividu, antarindividu dengan kelompok, antarelompok. Selain itu, suatu kontak dapat pula bersifat langsung maupun tidak langsung.
2. Adanya Komunikasi, yaitu seseorang memberi arti pada perilaku orang lain, perasaan-perassaan apa yang ingin disampaikan orang tersebut. Orang yang bersangkutan kemudian memberi reaksi terhadap perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut.
Kontak sosial dapat terjadi dalam 3 bentuk :
1. Adanya orang perorangan
2. Ada orang perorangan dengan suatu kelompok manusia atau sebaliknya
3. Antara suatu kelompok manusia dengan kelompok manusia lainnya.
Berlangsungnya suatu proses interaksi didasarkan pada pelbagai faktor :
1. Imitasi
2. Sugesti
3. Identifikasi
4. Proses simpati
(disunting dari : http://t4nti.blog.com/2011/02/26/interaksi-sosial/ )




Dan inilah salah satu contoh interaksi sosial individu vs individu :Foto diatas adalah salah satu contoh interaksi sosial individu vs individu yang mencerminkan seorang dokter sedang berinteraksi dengan pasiennya. Foto diatas saya ambil dari google.com. Interaksi ini sering kita jumpai di rumah sakit atau klinik, dan kita juga pasti pernah merasakan interaksi ini. Contoh lain seperti anak sedang berinteraksi dengan ibunya, atau seorang psikolog dengan pasiennya, dan masih banyak lagi.


Dan inilah salah satu contoh interaksi sosial individu vs kelompok:

Foto diatas adalah salah satu contoh interaksi sosial individu vs kelompok yang mencerminkan seorang guru sedang berinteraksi dengan muridnya. Foto diatas saya ambil dari google.com. Interaksi ini juga banyak kita jumpai di sekolah atau di tempat kuliah. Contoh lainnya seperti motivator dengan audience nya, atau seorang pelatih dengan anak buahnya. Dan masih banyak lagi.


Dan inilah salah satu contoh interaksi sosial kelomp[ok vs kelompok:
Foto diatas adalah salah satu contoh interaksi sosial kelompok vs kelompok yang mencerminkan sekelompok pendemo dengan sekelompok polisi.Interaksi ini juga sering kita jumpai ketika ada kerususahan kerusuhan.Foto ini saya ambil juga dari google.com. Contoh lain dari interaksi sosial kelompok vs kelompok adalah sekelompok mahasiswa dengan sekelompok aparat, tim sepak bola bertanding melawan tim sepak bola yang lainnya. Dan sebagainya.



Utari Cahyaningrum
1TB02
Tugas ke I : Interaksi Sosial
27311235

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar